Yummy App: Sumber Resep Masakan Dan Penghasilan Tambahan



Kemarin, teteh—istrinya kakak—tiba-tiba minta dicariin aplikasi resep masakan yang bisa menunjang hobi memasaknya. Teteh, menurut saya, menganut prinsip #MasakItuGampang selama ini. Ya gimana nggak, sejak hari pertama puasa sampai sekarang, kira-kira sudah 15 makanan yang jadi menu buka puasa di rumah.

Bayangkan kalau teteh berpikir bahwa masak itu hal yang sulit dan ribet? Mungkin hanya dua atau tiga makanan yang jadi menu buka puasa di rumah saya. 

Demi menjunjung tinggi kebebasan merasakan berbagai macam makanan, sebagai adik ipar yang baik, saya menyanggupi permintaan teteh. Tapi dengan catatan, saya minta waktu satu atau dua hari. "Biar bisa nyari yang paling bagus aplikasinya, Teh." Ucap saya pada teteh kemarin.

"Iya sok, teteh juga mau ngabisin bahan yang ada di kulkas dulu. Kayaknya cukup sampai tiga hari lagi. Jadi jangan sampe lebih dari tiga hari, ya?" Jawabnya

"Siap teh!" Jawab saya yakin dan tegas

"Oh iya, kalau bisa nyari aplikasi yang banyak resep masakan Indonesia di dalemnya ya? Sekalian juga sama makanan buat ibu menyusui atau bayi. Biar nanti bisa bikin buat Kawa juga.” tambah teteh lagi

“Siap, Teh. Nanti kalau dah ketemu aku kasih tau lagi ya.”

Teteh petgi ke dapur, saya langsung buka hp lalu ngubek-ngubek google. Setelah pencarian panjang dari dzuhur sampai ashar, akhirnya pilihan saya jatuh pada aplikasi Yummy App.

Kalau dilihat dari website-nya, sih, banyak fitur-fitur menarik yang bisa dicoba sama si teteh di aplikasi ini. 

Dari website-nya kemudian saya membuka google play store lalu mengetikkan kata kunci " Yummy App" di kolom pencarian. Langsung klik aplikasi Yummy yang ada di urutan pertama, terus tekan tombol install. Tunggu beberapa saat buat download, akhirnya aplikasi resep masakan asli Indonesia itupun sukses nangkring di hp saya.

Untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang Yummy App, saya akhirnya ngobrol sama si Umy. Lumayan lah sekalian ngabuburit kan.

"Hai Umy" Saya menyapa Umy lebih dulu buat memulai obrolan

“Hai Kak. Kenalin namaku Yummy, biasa dipanggil umy atau yum. Asalnya dari IDN Media, lahir tahun 2016 dengan selamat sentosa di Instagram sama Facebook. Tahun 2019 kemarin, aku pindah ke bentuk aplikasi sampai sekarang ketemu sama kakak" Jawabnya

“Hai My. Namaku Gilang. Biasa dipanggil pog atau gilang, terserah kamu maunya apa. Salam kenal ya!”

“Salam kenal Kak!” Balasnya cepat

Saya sedikit heran, dari belasan aplikasi yang ada di ponsel saya sepertinya cuma dia doang yang bersemangat.

“Kamu lagi semangat ya, My?” Tanya saya, sekedar ingin memastikan saja

“Iya dong, Kak. Puasa kan bukan alesan buat leha-leha atau males-malesan, Jadi harus terus semangat! Kebetulan aku juga lagi seneng banget nih, sekarang banyak orang yang belajar masak kak. Mungkin gara-gara bosen diem di rumah terus kali ya, jadi aplikasi Yummy kebanjiran pengunjung!” Jawabnya

“Emang kamu bisa ngajarin orang masak, My?”

“Bisa kok, cuma nggak secara langsung. Aku ngajarin orang lain masak lewat ribuan resep masakan yang ada di aplikasi Yummy. Nyari resepnya juga gampang, tinggal ketik di kolom pencarian doang. Terus bisa dapet penghasilan tambahan juga kak” jawabnya santai

“Serius bisa dapet duit, My?” Saya memastikan sekali lagi

“Iya serius Kak.”

tiga-langkah-mudah-belajar-masak-dan-dapat-duit
Sumber: gilangoktaviana.my.id

"Mantap nih aplikasi" pikir saya. Saya baru tahu kalau sekarang bisa dapet duit dari masak.
Berbekal rasa penasaran yang tinggi, saya minta Umy menjelaskan hal lain yang mungkin belum saya tau tentang aplikasi Yummy ini.

“Di sini ada komunitas yang namanya Komunitas Yummy Kak. Selain itu, tampilannya juga sederhana, nggak bikin bingung orang lain. Yang paling penting nih, kakak bisa nyari resep berdasarkan bahan masakan, harga makanan, jumlah porsi, kategori, atau durasi memasaknya.” jawab Umy kemudian

“Selain fitur-fitur ungulan itu, Yummy juga punya halaman utama yang isinya kumplit kak. Ada menu Trending, Event Dan Promosi, Akun Official, Kategori, Inspirasi Menu Ramadhan, Penjaga Imunitas, Menu Sahur, Dan Resep Terbaru. Artinya, sebagian besar fitur yang sering digunakan orang-orang ada di halaman utamaku.”  tambahnya lagi

“Itu... isinya apa aja, My?”

“Ya resep masakan, Kak. Kecuali event dan promosi, itu isinya khusus event-event yang berhadiah puluhan juta rupiah.”

Saya diam sebentar, bingung juga sih. Kok aplikasi memasak ada event-event berhadiah gitu.

“Biar nggak bingung, coba kakak bikin akun dulu deh.” Lanjut Umy, mungkin dia tahu saya sedang kebingungan.

Yaudah daripada saya nggak ngerti apa yang bakal dia omongin selanjutnya, mending bikin akun dulu sesuai arahannya.

cara-buat-akun-yummy-app
Sumber: Yummy App

“Udah nih My” saya memerlihatkan hp saya padanya

“Nah kalau udah, coba kakak buka-buka dulu deh aplikasinya. Aku mau ke belakang dulu sebentar.” Katanya

Sambil menunggu Umy kembali, saya membuka beberapa menu yang tadi dia sebutkan, ya sekedar buat ngobatin penasaran sana biar saya ada sedikit gambaran tentang aplikasinya. 

Begitu sampai di menu event dan promosi, saya kaget dong. Ternyata Umy nggak bohongin saya! Di Yummy App memang ada banyak event yang berhadiah puluhan juta rupiah.

event-yummy-app
Sumber: Yummy App
Selain itu, saya juga menjajal fitur pencarian resep berdasarkan bahan masakan, harga makanan, jumlah porsi, kategori, sama durasi masaknya. Nggak butuh waktu lama buat saya membiasakan diri dengan fitur ini. Fitur pencariannya juga berjalan dengan baik. Artinya saya bisa menemukan apa yang saya inginkan dengan mudah.

Yang paling saya sukai dari aplikasi ini adalah menu khas Ramadhan yang menyediakan resep masakan buat buka puasa sama sahur. Ini cocok banget sama apa yang dicari teteh. Ada banyak banget resep yang bisa kakak ipar saya coba nanti.

Sambil terus menggulirkan layar, pikiran saya terbang jauh membayangkan makanan apa saja yang akan tersaji di meja makan selama 14 hari ke depan wkwkwk

“Gimana Kak? Udah puas liat-liatnya?” Umy baru kembali dari belakang

“Udah My, cuma saya masih penasaran soal cara dapet penghasilan tambahan yang tadi kamu bilang itu loh. Jawab saya

“Oooh itu. Yaudah aku jelasin ya kak. Dengerin baik-baik biar nggak salah informasinya!”

“Kakak tadi udah bikin akun kan? Nah otomatis kakak juga terdaftar sebagai anggota Komunitas Yummy. Ini salah satu syarat biar kakak bisa dapetin penghasilan.”

Saya menganggukan kepala tanda mengerti penjelasannya

“Tapi nggak semua anggota komunitas bisa dapet penghasilan Kak. Soalnya, harus isi biodata diri dulu. Biar cepet, aku kasih tau apa aja yang harus disiapin ya. Pertama foto asli buat dijadiin foto profil, terus data diri sesuai KTP, nomor HP, sama yang terakhir kakak harus punya email aktif.”

“Setelah ngisi biodata, kakak udah bisa tuh dapet penghasilan. Caranya, upload resep bikinan kakak di menu komunitas. Nanti di sana ada tombol buat resep kak. Isi semua kotak yang ada di situ. Ingat harus asli dan orisinil ya! Artinya dari judul resep, cara memasak dan foto-fotonya harus diambil dari hp kakak langsung.” Umy menjelaskan dengan baik, saya langsung ngerti caranya.

“Oke My, ngerti ngerti. Terus dapet duitnya darimana?” Tanya saya lagi

“Nah untuk setiap resep yang diupload, kakak nanti dapet poin 100 atau kalau diuangkan sekitar Rp. 10.000. Nah poin ini yang nantinya bisa ditukerin sama uang kak, tapi syaratnya minimal harus terkumpul 2500 poin dulu atau sekitar Rp. 250.000. Mudah kan? Makin rajin upload resep makin banyak cuannya, kak!” jawabnya lagi

“Oke My, udah ngerti lah sekarang mah!”

“Sebagai bonus, aku kasih saran biar resepnya cepet muncul di aplikasi ya Kak!”

“Pertama, resep yang diupload jangan yang terlalu simple kayak telor dadar atau telor ceplok kak. Ya minimal terdiri dari beberapa bahan masakan gitu. Terus nama masakannya juga harus jelas, minimal dua kata. Selain itu, jangan lupa jelasin juga hal-hal yang berkaitan sama menu resep masakannya. Misalnya,  siapkan garam secukupnya dan kaldu bubuk jamur, atau 250 gr fillet dada ayam. Terakhir tulis bahan-bahan masakan, langkah-langkah memasak sama fotonya. Inget ya, kualitas foto juga harus bagus. Setelah itu tinggal upload foto masakan yang udah jadi. Beres deh!”

tips-dan-trik-tayang-di-aplikasi-yummy-app
Sumber: Aplikasi Yummy App

“Wah lengkap banget nih! Makasih banyak ya My. Kalau gini sih, saya yakin teteh pasti seneng banget. Sekali lagi makasih banyak ya. Nggak nyesel saya pilih Yummy App jadinya.”

“Iya sama-sama kak, mudah-mudahan kakak iparnya seneng sama aplikasi Yummy ya!”

“Iya My, amiin. Yaudah deh kayaknya bentar lagi mau adzan magrib deh, My. Hpnya mau dicas dulu ya. Nggak kerasa kita ngobrol lumayan lama.”

“Iya kak. Selamat berbuka puasa ya.”

Nah begitu lah obrolan yang cukup panjang antara saya dengan Umy sambil ngabuburit kemarin.

Tadi siang, setelah sholat dzuhur saya main sama Kawa—keponakan saya—sambil menjelaskan kembali soal Yummy App pada teteh. Alhamdulillah dia seneng banget, malah jadi makin semangat masak. Artinya, akan ada lebih banyak lagi makanan yang masuk ke dalam perut saya selama bulan puasa ini! Wkwkwk terbaik emang!!

Buat kamu yang pengen belajar masak atau dapet penghasilan tambahan dari hobi memasakmu. Bisa download aplikasi Yummy App sekarang juga.


Lebih baru Lebih lama