realme Narzo 20: Smartphone Gaming 2 Jutaan yang Cocok Buat (si)apa Saja

Sebentar lagi si tanggal cantik 11.11 bakal tiba. Saya yakin banyak yang sudah mantep mau beli apa nanti. Dan saya juga yakin banyak orang yang kebingungan mau beli apa karena terlalu banyak pilihan. Apalagi kalau sedang mengincar barang elektronik, kebingungannya mungkin naik tiga kali lipat. Rasanya pengin semua di-checkout-in. Ya nggak sih?

 

Banyak perusahaan berbasis teknologi yang ikut meramaikan promo di tanggal cantik 11.11 nanti, realme Indonesia salah satunya. Kali ini mereka bakal membikin "hari raya"-nya realme fans, yang diberi nama 11.11 Salebration. Nggak tanggung-tanggung, yang realme membawa paket kumplit untuk para fans-nya nanti.

 

Dalam 11.11 Salebration-nya, realme menawarkan promo spesial untuk rangkaian produk teknologi super lengkap yang dikenal Leap to Next Gen. Kalau saya sih bilangnya ini semacam gadget yang wajib dibawa saat bepergian, ya. Soalnya ada realme Buds Air Pro, realme Watch S, realme Smart Cam 360, dan realme M1 Sonic Electric Brush.

 

Semua produk ini bakal dijual ekslusif secara daring di website resmi realme Indonesia, Lazada, dan Shopee. Sebuah strategi yang menarik karena jelas terlihat bahwa mereka menyasar anak muda di program ini. Ya biar bagaimanapun mereka punya tujuan untuk menjadi Tech Trendsetter di Indonesia serta ingin menjadi favoritnya anak muda.

 

Nah, kali ini saya pengin mengajak kalian para gamer muda yang masih main game pake hp kentang membahas smartphone anyar mereka yaitu realme Narzo 20 dan realme Narzo 20 Pro yang masuk ke kategori realme narzo 20 series. Selain itu, saya juga pengin menguji apakah klaim "smartphone gaming terbaik harga 2 & 3 jutaan" nyata atau gimmick belaka.

 

review-realme-narzo-20

Oya, dalam postingan kali ini saya pengin fokus membahas soal realme Narzo 20 dulu ya. Biar bisa lebih leluasa membahasnya.


Sebagai anak muda yang hobi main game, saya menyadari bahwa smartphone gaming yang bagus adalah hal yang mutlak. Tapi sebagai rakyat jelata saya juga menyadari bahwa nggak punya duit banyak juga hal yang mutlak. Dengan perkembangan game mobile yang makin masif, rasanya sudah saatnya saya sedikit memaksakan diri mencari cuan agar bisa membeli smartphone gaming yang kuat dipakai maini Mobile Legend, PUBG, LoL Wild Rift, FIFA, Football Manajer, Coc, dan COD Mobile. Pertanyaannya bisakah realme narzo 20 menjadi smartphone gaming terbaik harga 2 jutaan?

 

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita tengok spesifikasi singkat dari smartphone anyar realme ini:


spesifikasi-realme-narzo-20

Hmm... sangat menggoda sekali.

 

Yang perlu kita garis bawahi dari spesifikasi tersebut adalah kesadaran realme untuk menggunakan processor khusus gaming. Karena biar bagaimanapun smartphone gaming tanpa processor gaming sama saja bohong. Ya, kan? Dan Chipset Mediatek Helio G85 12nm Quad Core 64 bits rasanya merupakan pilihan cerdas. Karena dilihat sekilas saja sudah ketahuan bisa bikin gamer teriak-teriak bahagia. Tebakan saya, smartphone ini mindapatkan skor Antutu 200,000 lebih.

smartphone-gaming-2-jutaan-terbaik

Namun, nggak bisa dipungkiri bahwa processor kencang sangat pintar dalam menguras baterai smartphone. Makanya, meski main game-nya jadi lebih memuaskan kita jadi harus pacaran dengan colokan listrik. 

Beruntung realme adalah produsen yang mengerti kebutuhan konsumennya. Baterai 6,000 mAh di smartphone ini seolah-olah mengatakan "tenang, nggak usah panik, lur. Kamu main game aja terus, baterai dijamin aman. Kalau perlu kita adu kekuatan siapa yang lebih cepat bosan." Wkwkwk

 

Nggak cukup sampai di kapasitas baterai yang besar, realme juga memberikan teknologi Quick Charge 18W di smartphone anyar mereka yang satu ini. Dengan teknologi ini, hanya butuh sekitar 30 menit buat mengisi daya baterai sampai 30%. Cepat juga, ya.


Umumnya, demi menciptakan smartphone gaming harga miring produsen mengorbankan sisi penampilannya. Maksud saya, produsen juga tahu bahwa konsumen lebih memilih smartphone-nya kelihatan murahan tapi performa mantap daripada tampilannya "mahal" tapi performa memble.

 

realme, lewat seri Narzo 20 ini saya pikir cukup bandel juga. Mereka bisa-bisanya tetap memperhatikan desain setelah memberikan performa yang baik dan baterai besar. Serius loh, desain realme Narzo 20 buat saya nggak bisa dibilang murahan.


Casing belakang smartphone ini bisa memantulkan cahaya membentuk huruf V yang terinspirasi dari kata “Victory” atau "kemenangan". Dan memang harus diakui, mereka menang dari sisi penampilan smartphone ini.

Silakan lihat sendiri deh penampakannya di bawah:


spesifikasi-realme-narzo-20

spesifikasi-realme-narzo-20

spesifikasi-realme-narzo-20

realme-narzo-20-review

Gimana? Kelihatan murahan nggak menurutmu?


Nggak sekadar smartphone gaming

realme Narzo 20 memang punya titel smartphone gaming, namun bukan berarti hanya bisa dipakai buat main game saja. Dengan spesifikasi yang dimilikinya, smartphone ini sangat bisa dipakai oleh siapa saja dari berbagai profesi.

 

Buat kamu yang punya bisnis online misalnya, smartphone ini lebih dari akan sangat membantumu mendapatkan foto produk yang bagus. Dengan lensa kamera 48MP kamu nggak harus ribet ngedit foto buat katalog online-mu. Yang kamu butuhkan adalah background estetik dan pandai mencari sudut pandang yang pas.

 

Hal ini juga berlaku buat kamu yang pengin jadi (calon) Youtuber. Alasannya karena kamera ini sudah bisa merekam video sampai dengan resolusi 1080p 60fps. Kurang apalagi coba? Lensaya 48MP, kualitas rekamannya 1080p. Dan harus diingat juga bahwa memori internalnya bikin kamu nggak terganggu dengan notifikasi memori internal penuh. Kalau misalnya punya rezeki lebih, lebih baik kamu beli memori 128 GB atau 256 GB.

 

Buat yang hobi travelling juga kayaknya bisa, deh. Soalnya smartphone ini dilengkapi dengan lensa wide angle 8MP f/2.25 dan sudut pandang sudut pandang ultra-wide-angle 119°. Dengan ini semua, kamu bisa leluasa memotret pemandangan, gedung, atau wefie di objek wisata mana saja.

 

Dan bagi orang-orang seperti saya yang dekat dengan dunia tulis-menulis, smartphone ini cocok juga dijadikan pengganti laptop atau netbook asal punya keyboard eksternal-nya saja. Layar 6,5" sudah lebih dari cukup buat nulis, sih.

 

bukan-sekadar-hp-gaming


Lebih dari 6,000 mAh

Kita tahu bahwa smartphone in punya baterai 6,000 mAh yang pastinya tahan lama. Tapi sepertinya bakal lebih dari itu. Soalnya smartphone ini punya teknologi yang memungkinkan untuk menekan penggunaan baterai-nya. Teknologi ini adalah App Quick Freeze (Pembekuan aplikasi dengan cepat), Screen Battery Optimization (Pengoptimalan Baterai layar), dan Super Power Saving mode.

 

Yang pertama gunanya buat menghentikan aplikasi yang jarang kita gunakan jadi nggak banyak nguras baterai. Yang kedua gunanya buat ngurangin beberapa efek tampilan (UI) biar baterainya makin hemat lagi.

 

Nah, yang ketiga ini cukup panjang kegunaannya. Jadi saat mode Super Saving Mode diaktifkan, si realme Narzo 20 bakal mematikan semua aplikasi kecuali 6 aplikasi yang sering kita gunakan. Katanya sih saat menggunakan mode ini kita hanya akan menghabiskan 5% baterai untuk penggunaan Whatsapp atau Youtube selama 2 jam.  Hmm agresif sekali ya. Dengan kata lain, hp yang satu ini juga cocok dijadikan teman buat naik gunung.

 

Satu-satunya kekurangan yang bisa saya temukan dari smartphone ini adalah alpanya fitur NFC. Dan bagi saya ini nggak jadi masalah besar, sih apalagi kalau kita nggak biasa menggunakannya.

 

Dengan semua kelebihan yang ditawarkan, realme Narzo 20 sangat layak menyandang gelar “hp gaming terbaik harga 2 jutaan” di tahun 2020 ini alias titel itu bukan sekadar gimmick. Selain itu, smartphone ini juga bisa jadi pilihan untuk "self-reward" atas keberhasilan kita bertahan di tahun yang penuh cobaan ini.


Spesifikas lengkap realme Narzo 20:

Processor

MediaTek Helio G85

12nm Production Process

2.0Ghz

Storage & RAM

4GB + 64GB

RAM4GB LPDDR4x dual-channel

ROM64GB UFS 2.1

Storage expandable up to 256GB

Display

Size: 6.5 inches

Screen Ratio: 88.7%

Resolution: HD+ 720*1600

Corning Gorilla Glass 3

Color

Blue Blade

Silver Sword

Charging & Battery

18W Quick Charge

6000mAhtyp

Includes an 9V/2A charger & cable

USB Type-C port

Camera

48MP AI Triple Camera

  

Primary

48MP

f/1.8

HDR

Chroma Boost

Slo-mo

6P Lens

 

Ultra-wide Angle:

8MP

f/2.3

FOV 119°

 

Macro Lens

2MP

f/2.4 Aperture

 

Video

720p / 1080p, 30fps

1080p, 60fps

 

AI Front Camera

8MP 

5P Lens

 

AI Beauty 

HDR

Panoramic View

Timelapse

Cellular & Wireless

3-Card Slot

 

2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot

VoLTE

 

Wireless network

2.4/5 GHz

802.11 a/b/g/n/ac

Bluetooth 5.0

Navigation

GPS/Beidou/Glonass

Size & Weight

164.5mm*75.9mm*9.8mm

208g

Sensors

Magnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor /

Accelerometer Sensor / Fingerprint

Operating System

realme UI

Based on Android 10

Packing List

realme narzo 20

 9V2A Adapter*1

Micro USB Cable*1

Important Info booklet with Warranty Card*1

Quick Guide*1

SIM Card Tool*1

Screen Protection Film*1


Lebih baru Lebih lama