Hilangkan Perasaan Terbebani Saat Belajar Tenses

nama-nama tenses bahasa inggris
Sejak belajar bahasa inggris di sekolah dulu, entah kenapa saya sangat-sangat sulit memahami tenses bahasa inggris. Terlalu banyak rumus yang harus dihapalkan, namun gak satupun saya gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah masuk kuliah, saya baru menyadari bahwa tenses dalam bahasa inggris sebenarnya hanya ada tiga, yaitu: past tense, present tense, dan future tense. Malah, dosen saya dulu bilang "kamu nggak usah menguasai semua tenses. Cukup kuasai past tense dan present tense. Sisanya buat pengetahuan saja." sungguh sangat berbeda dengan waktu saya sekolah dulu.

Yah memang pada akhirnya, cara yang diberitahukan dosen saya lebih efektif. Saya dapat berkomunikasi dengan lancar hanya dengan 2 tenses saja.

Tapi nggak dipungkiri, ada beberapa tenses yang cukup sering saya temui dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana caranya saya mempelajari dua tenses ini? 

Mudah kok, saya memanfaatkan lagu dan tulisan bahasa inggris yang saya temui. Karena saya punya hobi mendengarkan lagu bahasa inggris, jadi saya cukup familiar dengan bahasa inggris itu sendiri. Permasalahannya adalah saya kurang dapat memahaminya, jadi harus selalu buka lirik di internet.

Saya akan bagikan tutorial singkatnya di sini ya.

Pertama, pilih lagunya dulu. Terserah kamu mau pilih lagu yang mana. Mau aliran apapun terserah. Mau lama ataupun sebentar juga boleh. Intinya suka-suka kamu. Yang penting kamu mau mendengarkan lagu tersebut berulang-ulang selama masa belajarmu.

Kedua, cari lirik lagunya. Setelah kamu pilih lagunya, lanjutkan dengan mencari lirik lagunya. Cari lirik lagu yang memiliki sedikit kesalahan, kalau bisa cari di website asli penyanyi lagu tersebut.

Ketiga, analisa liriknya. Maksud dari analisa adalah kamu harus mencari bagian lirik yang mengandung tensesnya. Cari saja tenses yang kamu ketahui di liriknya dulu. Biar mudah, nanti sisanya bisa nyusul kok. Dalam proses analisa ini, kamu fokus pada subject, verb, object, adverb of time, dan nama tensesnya.

Keempat, pahami setiap lirik hasil analisamu. Nah untuk membuatmu makin paham tentang tenses, pahami arti setiap lirik yang sudah kamu analisa. Maksudnya apa, kapan digunakannya, buat siapa kalimat tersebut dibuat dan seterusnya.

Terakhir, lakukan dengan konsisten. Jangan pernah merasa puas saat kamu berhasil menganalisa satu lirik lagu, karena masih ada jutaan lagu yang bisa kamu periksa dan ada 15 tenses lainnya yang harus kamu kuasai.

sumber: https://infoinggris.com/tenses-dalam-bahasa-inggris/
Lebih baru Lebih lama