Mencari Uang Dengan Menulis




Nggak pernah terpikirkan dalam benak saya waktu kecil dulu untuk mencari uang dengan menulis. Pertama karena saya nggak senang menulis, kedua karena tulisan saya jelek dulu, ketiga karena saya nggak betah lama-lama duduk di depan komputer.

Sialnya, setelah dewasa ternyata menulis adalah satu-satunya yang saya bisa. Jujur, saya kurang pandai berkomunikasi secara langsung. Kadang-kadang saat berbicara ada kalanya saya mengalami eror. Ada kosakata yang terbalik, atau huruf yang tercampur antara kosakata yang satu dan yang lainnya. Misalnya begini:

"Eh tadi gimana uasnya lur? Lancar?" Tanya seorang teman setelah UAS selesai
"Lancar, cuma tadi pas bagian essay ada bolpoint yang salah aku tulis."

Seharusnya saya mengatakan "ada kata yang salah aku tulis" tapi karena di dalam otak sedang memikirkan kata "bolpoint" maka itu yang keluar dari mulut. Dan ini sering bikin malu saya sendiri. 
Saya tertarik untuk menulis setelah membaca salah satu buku Pramoedya A. Toer yang berjudul Anak Semua Bangsa. Dalam buku itu, Pram mengatakan

"Aku menulis untuk berbicara pada orang banyak"


Well, bukan begitu lengkapnya, namun intinya kurang lebih seperti itu. Dan memang benar, saya hanya seorang manusia, salah satu cara agar bisa berbicara kepada orang banyak ya dengan menulis. 

Lalu sejak itu, mulailah saya membuat tulisan-tulisan di blog dan beberapa media daring. Dari tulisan di media daring saya mendapatkan penghasilan yang, nggak banyak, tapi nggak sedikit juga, lumayan lah. 

Berikut ini adalah beberapa media daring tempat saya menulis dan yang saya ketahui:

Kaskus


credit: kaskus.co.id


Siapa yang nggak tahu Kaskus? The largest Indonesian forum ini pernah berjaya sekitar tahun 2010-an. Saya sendiri mulai menulis thread di Kaskus pada Bulan Mei Tahun 2018. Sudah satu tahun lebih ternyata. 

Ada program Kaskus Kreator yang mewadahi penulis thread atau dikenal "TS" di Kaskus. Kaskus membayar TS yang sudah terdaftar menjadi Kaskus Kreator untuk setiap thread yang dibuat. 

Bayarannya berdasarkan jumlah views. Semakin banyak views yang kamu dapat, semakin besar pendapatanmu. Untuk satu view Kaskus membayar TS sebanyak Rp. 1, yang artinya kalau kamu mendapatkan 100.000 views maka kamu sudah mengantongi uang Rp. 100.000.

Ditambah selalu ada event Kaskus Kreator setiap bulannya. Untuk Event ini, satu thread biasanya dibayar sekitar Rp. 50.000- Rp. 80.000. Lumayan kan?

Terminal Mojok


credit to: Mojok.co


Kalian tahu tentang Mojok(dot)co? Itu loh media daring dengan motto "Sedikit Nakal Banyak Akal" yang berdomisili di Yogyakarta. Terminal Mojok adalah wadah yang disediakan Mojok(dot)co untuk menampung tulisan-tulisan yang berasal dari pembaca laman mereka. 

Kamu bebas mengirimkan tulisan tentang apa daja di Terminal Mojok, namun untuk dapat tayang harus melalui proses moderasi dulu. Jujur, untuk dapat menembus moderasi di Terminal Mojok bukan hal yang mudah. Saya sendiri paling banyak hanya bisa meloloskan 6 buah artikel dalam satu bulan. 

Untuk pembayarannya, kamu akan dibayar Rp. 200.000 untuk 10 artikel yang tayang. Worth to try of course. Kamu akan melatih kemampuanmu untuk menulis artikel yang berkualitas, renyah, informatif dan nggak membosankan tentunya. 

IDNTimes


credit to laptopsiipat.com


Saya belum pernah mendapatkan penghasilan dari IDNTimes, sih. Namun dua artikel saya pernah tayang di sana. Sebenarnya IDNTimes menarik untuk dicoba, hanya saja, berdasarkan pengalaman pribadi, proses moderasi di IDNTimes nggak terlalu jelas. Kurang lebih sepuluh artikel yang saya kirimkan hanya dua yang lolos. Sisanya? Nggak tahu bagaimana nasibnya, sampai sekarang nggak ada feedback dari pihak IDNTimes. Entah dibaca atau nggak itu tulisan saya hahaha. 

Tapi mengingat kontributornya yang banyak, saya rasa wajar saja jika ada artikel yang nggak tersunting saat moderasi. Yang menyunting juga manusia kan, bukan robot hehehe

Kumparan


credit to: dailysocial.id


Seorang teman SMP saya bekerja di Kumparan. Waktu lagi rehat ngerjain skripsi, iseng saya bertanya "apakah nulis di Kumparan bisa dapat uang?" Dan jawabannya adalah bisa. Namun untuk prosesnya saya kurang paham karena saya nggak jadi mengirim tulisan ke Kumparan. Hehehe sorry. Kalau kamu mau, silahkan coba, katanya sih setiap tulisan dibayar Rp. 20.000. Lumayan, kan? 

Quora


credit to: theverge.com


Quora adalah media sosial tanya jawab yang cukup populer di Indonesia. Di sini kamu bisa mencari berbagai macam jawaba dari pertanyaan yang kamu punya. Keunggulan Quora daripada media sosial lainnya menurut saya adalah penggunaan Bahasa Indonesia baku yang digunakan penggunanya. Sedikit-banyak melatih pengetahuan Bahasa Indonesia Baku kita nggak ada salahnya kan? 

Ada program Mitra Quora yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan penghasilan dari Quora. Caranya pun sangat mudah, kamu cukup rutin mengajukan pertanyaan, dan dari setiap pertanyaan yang kamu ajukan kamu bisa mendapatkan uang. Namun untuk kriteria pertanyaan nya saya nggak tahu persis, sih. 

Dan satu lagi, nggak sembarang orang bisa menjadi Mitra Quora karena itu akan dipilih oleh pihak Quoranya sendiri. 

Jadi terlepas dari uang yang akan kamu dapatkan, menulis bisa menjadi hobi yang asik. Bahkan layaknya menggambar, menulis juga bisa menjadi obat untuk hatimu yang sedang ambyar lur! 
Lebih baru Lebih lama